Home » Rangkuman 3 SD

Rangkuman materi kelas 3 SD pembelajaran 2 tema 1 subtema 1

Bagikan :

Pada Pembelajaran 1 Kamu telah mengetahui ciri-ciri makhluk hidup. Amatilah teks dan jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini untuk memahami ciri-ciri makhluk hidup lebih lengkap!

Ayo Mengamati!


Makhluk hidup dapat bergerak dengan cara yang berbeda-beda. Manusia berjalan menggunakan kaki. Ikan berenang dengan sirip. Cicak merayap di dinding.

Apakah tumbuhan juga bergerak? Diskusikan dengan teman-temanmu!

Contoh hasil diskusi : Tumbuhan juga dapat bergerak, meskipun gerakannya sangat terbatas, hanya pada bagian tumbuhan tertentu. Tumbuhan bergerak, tapi tidak berpindah tempat. Tumbuhan bergerak ke arah cahaya matahari dan akar bergerak ke bawah.

Makhluk hidup dapat bernapas. Alat pernapasan makhluk hidup berbeda-beda. Manusia bernapas dengan paru-paru. Ikan bernapas dengan insang.

Tumbuhan Bernapas

Siapkan sebuah tanaman pada pot, lalu salah satu dahannya ditutup rapat dengan plastik. Letakkan pot tersebut di tempat yang terkena sinar matahari. Setelah itu akan terlihat ada embun pada plastik tersebut.

Carilah informasi pada buku atau diskusikan dengan gurumu!

  1. Apakah nama alat pernapasan pada tumbuhan?
  2. Apa lagi nama alat pernapasan pada hewan selain insang pada ikan? Sebutkan!

Makhluk hidup dapat tumbuh dan berkembang. Tumbuh artinya bertambah ukuran tinggi dan beratnya. Apakah tinggi badanmu bertambah dibandingkan saat kamu masih di kelas 1?

Pernahkah kamu mengamati pertumbuhan hewan yang ada di sekitarmu? Ceritakan hasil pengamatanmu!

Makhluk hidup dapat berkembang biak. Cara berkembang biak makhluk hidup berbeda-beda. Ada yang berkembang biak dengan cara melahirkan. Ada juga yang berkembang biak dengan cara bertelur.

Ayo berdiskusi!

Isilah tabel berikut ini dengan nama hewan. Isilah sesuai kelompok yang tepat!

Makhluk hidup memerlukan makanan dan air. Manusia memerlukan tumbuhan dan hewan untuk makanan. Sebagian hewan juga memerlukan tumbuhan untuk makanan.

  1. Apakah tumbuhan memerlukan makanan?
  2. Apa makanan untuk tumbuhan?

Jawaban :

  1. Tumbuhan memerlukan makanan untuk kelangsungan hidupnya karena salah satu ciri makhluk hidup adalah memerlukan makanan.
  2. Makanan tumbuhan adalah mineral dan nutrisi yang diserap oleh akar melalui rambut akar, kemudian menuju xilem batang dan daun, di daun terjadilah proses fotosintesis. Penyerapan mineral dan nutrisi melalui rambut akar.

Ayo Menulis!

Setelah mengamati teks tersebut, coba kamu sebutkan kembali ciri-ciri makhluk hidup! Ciri-ciri makhluk hidup adalah bergerak, bernapas, tumbuh, berkembang biak, memerlukan makanan dan air, peka terhadap rangsang.

Buatlah kalimat berdasarkan kata-kata berikut : berkembang biak, makanan, tumbuhan, bernapas dan bergerak!

Jawaban :

  1. Berkembang Biak : Ayam berkembang biak dengan cara bertelur
  2. Makanan : Makanan harus terdiri dari menu 4 sehat dan 5 sempurna
  3. Tumbuhan : Tumbuhan dapat tumbuh sehat jika terkena sinar matahari
  4. Bernapas : Ikan bernapas dengan insang
  5. Bergerak : Manusia bergerak dengan menggunakan dua kaki

Nah itulah rangkuman materi pembelajaran 2 tema 1 subtema 1 Ciri-Ciri Makhluk Hidup Kelas 3 SD dan kunci jawabannya secara singkat, semoga bermanfaat. Lihat secara lengkap? Buka buku siswa dan guru tema 1 subtema 1 Ciri-Ciri Makhluk Hidup.


Klik Like/Suka jika kamu menyukai artikel Rangkuman materi kelas 3 SD pembelajaran 2 tema 1 subtema 1. dan Baca juga Artikel yang berhubungan dengan Rangkuman materi kelas 3 SD pembelajaran 2 tema 1 subtema 1 atau melanjutkan ke- Halaman Sebelumnya

Artikel Terkait:

0 komentar:

Posting Komentar

Latihan Soal

Video Pembelajaran